Kamis, 03 November 2011

Run Command dan Task Manager pada Windows 7 hilang!!

Ini adalah pengalaman pribadi saat Run command  dan  Task manager di komputer saya hilang baru-baru ini. Sebetulnya saya sering menemukan kasus seperti ini dan bisa diatasi dengan cara scan virus, namun kali ini tidak.. dengan meluangkan waktu untuk searching di internet akhirnya saya menemukan beberapa solusi untuk kasus yang sama namun untuk beberapa penyebab yang berbeda, maksudnya disebabkan oleh virus atau human error dalam mengoperasikan komputer. Saat searching pertama saya menemukan solusi untuk mengembalikan Run Command berikut ini :
- Klik kanan ikon windows (logo Windows/Start) di sudut kiri bawah desktop.
- Klik properties > Taskbar dan Start Menu Properties akan muncul pada window
- Pada tab Start Menu Properties, klik Customize. Jendela Customize Strart Menu akan muncul dan menampilkan daftar pilihan dalam urutan abjad
- Gulir ke bawah melalui pilihan sampai terlihat pilihan “Run Command” lalu centang untuk mengaktifkan dan klik OK.

Namun mungkin langkah-langkah ini hanyalah untuk hal yang disebabkan oleh human error atau mungkin saja virus yang tidak begitu ganas. Karena dalam kasus saya kemarin, pilihan “Run Command” dalam Customize Start Menu pun tidak ada (so bagaimana mau dicentang). Lalu ada solusi lain yaitu melalui gpedit.msc yang biasanya dibuka melalui RUN tapi tentu saja tidak bisa, oleh karena itu harus melalui langkah berikut :
Buka  C:\WINDOWS\system32 di window explorer. Lalu, buka gpedit

Buka User Configuration > Administrative Templates > Start Menu and Taskbar
Open Remove Run menu from Start Menu. Pilih Disable lalu  OK


Dan akhirnya satu masalah terselesaikan, tinggal satu masalah lagi yaitu menampilkan task manager

Windows Task Manager adalah Sebuah kendali process dari Windows yang dibutuhkan ketika ada program yang not responding, computer tiba-tiba hank, dan men-disabled service-service komponen windows yang tidak dibutuhkan. Cara untuk mengeluarkannya cukup mudah. Cukup menekan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan Task Manager akan muncul dengan sendirinya. Bisa juga dengan klik kanan pada taskbar lalu pilih Start Task Manager atau  Klik Start>Run>taskmgr.
Namun, bagaimana jika pada saat computer hank dan Kita ingin mengeluarkan Windows Task Manager dengan cara-cara seperti disebutkan di atas, yang keluar malah pesan singkat yang isinya “Task Manager has been disabled by your administrator”, yang artinya Kita tidak dapat membuka Windows Task Manager.


Atau malah seperti ini :

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah ini.

CARA PERTAMA
Cara ini termasuk cara yang paling mudah. Apabila Anda menggunakan Windows XP maka klik Start>Run>lalu ketikkan (TANPA TANDA PETIK) karena pada Run telah tampil sesuai dengan pembahasan di atas.
“REG add HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System /v DisableTaskMgr /t REG_DWORD /d 0 /f”.
Namun, jika Anda adalah pengguna Vista dan Windows 7 klik start lalu masukkan kode diatas pada start search yang berada pada pojok kiri bawah.

CARA KEDUA
Cara ini agak rumit  jika tidak terbiasa menggunakan System Regitry Edit. Klik Start>Run dan tuliskan (TANPA TANDA PETIK) “Regedit” kemudian tekan enter. Ikuti untuk menuju value tujuan dengan kode ini.
HKEY_CURRENT_USER \ Software \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ Policies\ System
Di sebelah kanan DisableTaskMgr.
 atau
Masuk Menu regedistry Edit atau Regedit >>> Klik menu FInd >>> ketikan : DisableTaskMgr >> klik find >> bila sudah ketemu rubah Value datanya dari 1 menjadi 0


CARA KETIGA
Sama seperti cara kedua. Hanya saja cara kedua ini diperuntukkan bagi pengguna Windows XP Professional. Klik Start>Run dan tuliskan (TANPA TANDA PETIK) “gpedit.msc” kemudian tekan enter. Ikuti untuk menuju value tujuan dengan kode ini.
User Configuration / Administrative Templates / System / Ctrl+Alt+Delete Options / Remove Task Manager
Klik dua kali Remove Task Manager option. Set policy ke Not Configured.



CARA KEEMPAT
Apabila ketiga cara di atas tidak berhasil, maka hal ini disebabkan karena adanya virus. Dianjurkan untuk melakukan scanning dengan Antivirus McAfee Enterprise. Jika virus sudah hilang, task manager akan aktif dengan sendirinya, atau jika masih belum juga bisa dibuka, mungkin dikarenakan antivirus hanya bisa membunuh virus dan tidak bisa membenahi registry yang sudah diacak-acak virus maka gunakan sofware ini


tutorial untuk memunculkan kembali Task Manager diatas sengaja saya share, mudah-mudahan ada manfaatnya, walaupun saya sendiri tidak berhasil menggunakan cara di atas hehehe.. karena mungkin kebetulan beda kasus.. saya sendiri menggunakan software untuk membunuh virus autorun.inf yang bisa didownload di sini


(diambil dari banyak sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar, kritik ataupun saran anda disini dengan sopan.. Terima Kasih atas kunjungan anda..